30 April 2018

964 Atlet Popda Malut Resmi Bertanding

Penyerahan piala bergilir

TERNATE,OT- Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) ke IX tingkat Provinsi Maluku Utara (Malut), resmi dimulai, Senin (30/4/2018) sore tadi di Stadion Gelora Kieraha.

Kegiatan yang diikuti 964 atlet disemua Cabang Olahraga (Cabor) itu, resmi dibuka oleh Plt. Gubernur Malut M. Natsir Thaib yang diwakili Staf Ahli Gubernur, Suryati Amin.

Acara pembukaan diawali dengan pemukulan tifa, para Forkopimda Provinsi dan Kota Ternate sebagai tuan rumah.

Mengawali sambutan, ketua Panitia Kalby Rasid menyampaikan, pelaksana Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) ke IX diikuti 964 siswa/siswi, se Kabupaten/Kota dan official 375 orang dimulai 30 April hingga 6 Mei.

Kata dia, svent dua tahun sekali secara teknis dilaksanakan Dispora Malut dan tuan rumah Pemerintah Kota Ternate, serta tujuan utama sebagai sarana evaluasi pembinaan olahraga daerah.

"Semoga pelaksanaan ini bisa memacu semangat dalam rangka melahirkan potensi atlet, demi kebanggaan daerah," harapnya.

Pelaksanaan Popda ke IX, menurutnya, untuk menyeleksi atlet terbaik dalam persiapan pelaksanaan menghadapi Popwil yang akan dilaksanakan di Sulawesi. "Ini juga ajang seleksi, ke tingkat lebih tinggi, seperti Popwil dan PON,"tutur mantan kadis Perhubungan Halbar ini.

Sementara Plt Gubernur yang diwakil Saf Ahli, Suryati Amin dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan Popda agar para atlet tampil meraih prestasi pelajar, dengan demikian pelaksana seperti ini tentunya memiliki pembinaan yang cukup memadai.

Selanjutnya, olahraga  dalam upaya untuk peningkatan kesejahteraan serta daya tahan tubuh kepada anak dan kedispilinan, shingga menjadi kebanggaan daerah yang dicintai.

"Olahraga keluarga dan lingkungan bisa menopang menjadi olahraga yang berprestasi bagi anak-anak mereka," ucapnya.

Dijelaskan, Popda ini bersifat rutinitas dan dilaksanakan secara konsisten, agar bisa diharapkan menciptakan bibit yang potensial serta atlet berbakat. Selain itu, kewajiban Pemerintah dserah telah tertuang dalam UU 23 tentang sistem keolahragaan Nasional.(al)


Reporter: Alfajri A. Rahman