15 Maret 2019

Tim Gabungan SAR Ternate Evakuasi 13 Penumpang Yang Hanyut

Proses Evakuasi Korban Penumpang Speed Boat Oleh Team Gabungan SAR Ternate

TERNATE, OT  - Tim gabungan Basarnas dan Polirud berhasil mengevakuasi sebanyak 13 penumpang speedboat POB yang mengalami mati mesin di perairan Jailolo-Sofifi, Kamis (14/3/2019) kemarim.

Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah membenarkan bahwa pihaknya mendapat informasi sekitar 18.10 WIT dari Rinto satu anggota Polairud, bahwa speed boat tujuan Jailolo-Sofifi yang membawa 10 penumpang dan 3 awak (ABK) mengalami mati mesin pada koordinat 0° 49'23" N- 127°28'16" E atau di perairan Maftutu

"Setelah menerim informasi Team Rescue dan Polairud bersama kapal Badan Sar Nasional RIB 02 Ternate menuju lokasi LKP di Perairan Desa Maftutu Pulau Tidore untuk mengevakuasi sebagian korban, dan juga sebagian korban sudah di evakuasi oleh speedboat masyarakat menuju Pelabuhan Ferry Kota Tidore," ujar Arafah sebagaimana rilis yang ditterima redaksi indotimur.com.

Kemudiam, sekitar pukul 19.05 WIT kapal RIB 02 Ternate tiba di Pelabuhan Ferry Kota Tidore dan langsung mengevakuasi seluruh korban menuju Pulau Ternate.

Sekitar pukul 19.55 WIT, kapal RIB 02 Ternate sampai di Pelabuhan Ahmad Yani Kota Ternate langsung mengevakuasi seluruh korban,speedboat yang di dalamnya terdapat 10 penumpang termasuk dokter dan perawat.

Kepada seluruh pengguna transportasi laut di Maluku Utara, Arafah mengingatkan agar memperhatikan cuaca dikarnakan saat ini cuaca masih ekstrim.

"Kemudian, melihat kesiapan dari speedboat yang ditumpangi serta selalu bangun komonikasi dan informasi terhadap instansi terkait," harapnya.(red)


Reporter: Randy Basri