30 Oktober 2018

Tidore Dapat Pengahargaan Dari Kemenpora Sebagai Kota Layak Pemuda

Menpora RI Imam Nahrowi dan Wali Kota Tikep Ali Ibrahim

TIDORE, OT- Satu lagi prestasi nasional berhasil diraih Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep), di tahun 2018 ini, dibawah kepemimpinan Wali Kota Ali Ibrahim dan Wakil Wali Kota Muhammad Sinen, Kota Tikep berhasil menerima penghargaan sebagai “Kota Layak Pemuda” dari Pemerintah Republik Indonesia.

Penghargaan yang dianugerahkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga ini diserahkan oleh Menteri Imam Nahrawi di Gedung Balai Samudera Kelapa Gading Jakarta, yang diterima secara langsung oleh Wali Kota Tikep Ali Ibrahim.

Penilaian Kota Layak Pemuda ini sebelumnya telah dilakukan oleh Tim Verifikasi Kemenpora pada awal Oktober kemarin, Kota Tikep berhasil meraih penghargaan sebagai Kota Layak Pemuda bersama 19 Kabupaten/Kota se-Indonesia, dan untuk Provinsi Maluku Utara hanya Kota Tikep yang berhasil meraih penghargaan ini.

Dalam pembinaan dan pembangunan kepemudaan, Kota Tikep penilaian tertinggi adalah perhatian dan komitmen Pemerintah Kota Tikep dalam mendukung kegiatan kepemudaan, salah satunya dengan meningkatkan status Bidang Pemuda dan Olahraga pada Dinas Pendidikan menjadi Dinas Mandiri yaitu Dinas Pemuda dan Olahraga.

Penilaian lain yang mendukung Kota Layak Pemuda adalah tingkat partisipasi para pemuda baik pengurus OKP-OKP yang tergabung dalam KNPI maupun pemuda di Desa dan Kampung dalam berbagai kegiatan kepemudaan. Selain itu hampir setiap saat selalu ada aktifitas pemuda di kampung dan desa yang melaksanakan kegiatan olahraga dan kesenian yang selalu dihadiri Pemerintah Kota Tikep.

Di sela-sela penyerahan penghargaan, Menpora RI Imam Nahrawi mengatakan penganugrahan ini merupakan upaya pihak Kemenpora dalam mengapresiasi dan mendukung kontribusi yang telah diberikan para pemuda untuk bangsa dan negara.

Lanjutnya, penghargaan akan diberikan kepada pemuda dari seluruh penjuru tanah air yang telah berhasil mengharumkan nama Indonesia, memberikan manfaat bagi masyarakat, dan menginspirasi pemuda lainnya untuk berbuat yang terbaik bagi bangsa.

"Saya berharap, dengan adanya anugerah kepemudaan bisa merangsang pemuda lainnya untuk berbuat karya nyata yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar, dan negara," terang Imam.

Sementara, Wali Kota Tikep Ali Ibrahim, usai menerima penghargaan menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh pemuda di Kota Tikep yang telah berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pembangunan.

katanya, setiap partisipasi pemuda dalam pembangunan merupakan wujud dukungan terhadap kemajuan daerah, dan kepada pengurus OKP maupun organisasi kepemudaan di setiap desa, diharapkan terus bersatu mendukung program pembangunan kepemudaan, karena pemuda yang bersatu sangat menentukan masa depan bangsa negara dan daerah.

Di malam penganugerahan Kepemudaan Tahun 2018, Kemenpora menyerahkan berbagai penghargaan antara lain Kabupaten dan Kota Layak Pemuda, Pemuda Pelopor, Wirausaha, Pemuda Berprestasi, Pemuda Hebat dan Pemuda Difabel Berprestasi(uji)


Reporter: Fauji Husen "ZI"