30 Oktober 2018

Polres Sekadau Siap Laksanakan Operasi Zebra

SEKADAU KALBAR, OT - Polres Sekadau melaksanakan gelar pasukan dalam rangka operasi zebra kapuas tahun 2018, di halaman Mapolres Sekadau, Selasa (30/10). Operasi zebra akan digelar mulai 30 Oktober hingga 12 November mendatang. Pelaksanaan operasi zebra kapuas merupakan cipta kondisi dalam perayaan natal tahun 2018 dan tahun baru 2019.

Kapolres Sekadau, AKBP Anggon Salazar Tarmizi menuturkan, operasi zebra zebra digelar 30 Oktober hingga 12 November mendatang diseluruh Polda. Ia mengatakan, berbagai upaya dilakukan untuk menciptakan situasi kamseltibcar lantas dengan memberdayakan seluruh stakeholder.

“Diambil langkah yang komprehensif dan menyelesaikan permasalahan lalu lintas dengan tuntas,” ujar.

Untuk itu, kata Anggon, diperlukan koordinasi bersama antar instansi pemerintah yang bertanggungjawab dalam membina dan memelihara kamseltibcar lantas. Sehingga, tercipta keterpaduan langkah yang menunjang pelaksanaan tugas.

“Pelaksanaan operasi zebra kali ini ada beberapa prioritas pelanggaran yang menjadi sasaran. Sasaran operasi tersebut dilakukan pada tindakan yang berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas,” ucap Anggon.

Adapun yang menjadi sasaran yaitu, pengemudi menggunakan handphone, pengemudi melawan arus, pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu, pengemudi dibawah umur, pengemudi dan penumpang sepeda motor tidak menggunakan helm SNI. Kemudian, pengemudi kendaraan bermotor menggunakan narkoba atau mabuk, pengemudi kendaraan melebihi batas kecepatan yang ditentukan juga menjadi sasaran dalam operasi zebra tersebut.

“Operasi zebra dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan perundang-undangan untuk mengurangi angka kecelakaan serta menekan pelanggaran lalu lintas di wilayah hukum Polres Sekadau,” tutur Anggon.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Sekadau, Waka Polres Sekadau, Asisten I Setda Kabupaten Sekadau, Jajaran SKPD di lingkungan Pemkab Sekadau, Koramil Sekadau Hilir, PJU Polres Sekadau dan tokoh agama serta tokoh masyarakat.(red)


Reporter: Yahya Iskandar