14 September 2018

Pemkab Sekadau Lakukan Persiapan Tuan Rumah MTQ ke–28 Tingkat Provinsi Kalbar

Nurhadi

SEKADAU KALBAR, OT - Berbagai persiapan dilakukan Kabupaten Sekadau dalam mempersiapkan diri sebagai tuan rumah Musyabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke–28 tingkat provinsi Kalbar 2020 mendatang.

Rapat persiapan tersebut dilaksanakan di ruang rapat Aissten Pemerintahan, Hukum dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Sekadau, Kamis (13/9). Rapat tersebut dipimpin Asisten Pemerintahan, Hukum dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Sekadau, Fendy.

Hadir dalam rapat tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sekadau, LPTQ Kabupaten Sekadau dan beberapa Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau yang terkait.

Ketua LPTQ Kabupaten Sekadau Nurhadi mengatakan, MTQ adalah kegiatan keagamaan yang juga kegiatan nasional. Sebab, pelaksanaannya dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat RT, RW, sampai ke tingkat nasional bahkan di tingkat internasional.

“Dalam pelaksanaan kegiatan MTQ tersebut memerlukan keterlibatan semua elemen masyarakat dari berbagai latar belakang tidak hanya umat islam saja tetapi juga umat agama lain terlibat langsung dalam kepanitiaan,” ujarnya.

Untuk itu, kata dia, semua harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya sehingga pelaksanaan MTQ nantinya dapat berjalan dengan lancar dan tertib. Ia mengatakan, rapat kerja LPTQ tingkat Provinsi Kalimantan Barat tanggal 6 Juli 2018 telah diputuskan bahwa Kabupaten Sekadau terpilih sebagai tuan rumah MTQ ke–28 Kalimantan Barat Tahun 2020.

“Dipilihnya Kabupaten Sekadau sebagai tuan rumah MTQ ke-28 tersebut merupakan suatu kebanggan bagi kita masyarakat Kabupaten Sekadau tetapi sekaligus merupakan tugas berat,” ucapnya.

“Sebagai tuan rumah kita harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya diantaranya lokasi sebagai tempat acara, infra struktur sebagai sarana dan prasarana penunjang, persiapan administratif, termasuk pendanaan,” timpal Nurhadi.

Nurhadi menambahkan, ditunjukan Sekadau sebagai tuan rumah MTQ berkat dukungan seluruh elemen masyarakat terutama Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD serta Forkopimda Kabupaten Sekadau.

“Saya juga menyampaikan seluruh pengurus LPTQ Kabupaten Sekadau telah siap untuk mendukung kegiatan tersebut. Persiapan yang dilakukan bukan hanya pelaksanaan MTQ, tapi juga mempersiapkan qori dan qoriah agar dapat mengikuti semua cabang perlombaan. Sebagai tuan rumah tentu ingin sukses, sebagai penyelenggara sekaligus sukses sebagai juara,” pungkasnya.(red)


Reporter: Yahya Iskandar