08 Januari 2019

Basarnas Tutup Ops Pencarian Warga Asal Bitung Yang Hilang

Tim Sar Yang Melakukan Pencarian Warga Asal Bitung Yang Hanyut

TERNATE, OT - Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate yang telah melakukan pencarian terhadap salah satu warga asal Bitung yang dilaporkan hilang sejak sepekan lalu, belum membuakan hasil.

Berdasarkan rilis yang dikirimkan Basarnas menyebutkan, berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan Operasi dan Pemantauan, hingga hari ke-7, belum ditemukan tanda-tanda keberadaan korban.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, M Arafah, dalam keterangan tertulisnya, menyampaikan, pihaknya menutup Operasi SAR dan Pemantauan satu rakit (rumpon-red) yang hilang di perairan Maluku Utara (Malut), dengan kesimpulan 1 orang dinyatakan hilang.

Arafah menjelaskan, pencarian sampai dengan pukul 18.00 WIT melibatkan, Unit Siaga SAR Bacan dengan Orari, Rapi Bacan, KUPP Labuha, Pos TNI AL Bacan dan Srop Ternate, terhadap satu orang atas nama, Riando Pawelin (22) asal Bitung yang hanyut bersama rumpon dari perairan Bitung menuju perairan Halmahera Selatan, masih belum ditemukan tanda-tanda keberadaan korban.

Meski demikian, kata Arafah, pihaknya tetap melalukan pemantauan, apabila nanti ada tanda-tanda keberadaan korban maka operasi akan kembali dibuka.

Selain itu, Basarnas juga memberitahukan kapal-kapal yang melintas di perairan laut Malut, apabila melihat korban agar segera melapor ke Basarnas Ternate. (red)


Reporter: Randy Basri