Home / Berita / Nasional
05 November 2018

Tidak Memenuhi Kuota, Pemkot Ternate Surati Panselnas CPNS 2018

Kepala BKPSDM Kota Ternate, H Junus Yau

TERNATE, OT - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), meminta Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) untuk mempertimbangkan para peserta tes yang tidak memenuhi passing grade tetapi memiliki nilai terbaik atau mendekati passing grade pada tiap formasi jabatan untuk diikutkan dalam tahapan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan jumlah peserta maksimal tiga kali formasi.

Kepala BKSDM Kota Ternate, H Junus Yau, kepada sejumlah wartawan termasuk indotimur.com, Senin (5/11/2018), mengaku, surat dengan perihal permohonan pertimbangan kelulusan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan segera dikirim ke Panselnas.

“Surat dengan Nomor 800/6043/2018 perihal permohonan pertimbangan kelulusan seleksi kompetensi dasar CPNS lingkup Pemerintah Kota Ternate telah ditanda tangani oleh Pak Wali, dan dalam waktu sehari dua akan dikirimkan ke Panselnas,” ungkap Junus.

Menurutnya, hasil tes CPNS lingkup Pemkot Ternate yang dilaksanakan dua hari pekan lalu di kampus I Unkhair, tercatat hanya 11 orang peserta tes yang memenuhi passing grade dan mereka yang telah lulus tidak perlu lagi mengikuti SKB.

“Jumlah peserta tes sebanyak 1.314 orang, hanya 11 orang yang memenuhi passing grade. Sedangkan formasi yang kita butuhkan sebanyak 112 orang, untuk itu kiranya ini menjadi pertimbangan Panselnas sehingga bukan passing grade yang menjadi acuan saja tetapi rangking peserta tes,” kata dia.

Junus juga mengaku, dari sejumlah soal yang diberikan, Tes Karakteristi Pribadi (TKP) menjadi keluhan sebagian besar peserta tes, sebab soal dan pilihan jawabannya dinilai terlalu panjang, sehingga peserta kehabisan waktu sebelum menjawab.

“Kita berharap keputusan dari Pemerintah Pusat bisa secepatnya keluar. Saya yakin Panselnas saat ini tengah menggodok ini, sebab hasil tes CPNS kemarin di seluruh Indonesia juga tidak terlalu signifikan,” tutupnya.(thy)


Reporter: Ibenk