Home / Berita / Nasional
14 September 2018

Sebuah Longboat Terbalik Di Perairan Obi, 2 Warga Tewas

Ilustrasi laka laut

HALSEL OT - Kecelakaan laut kembali terjadi di perairan Halmahera Selatan (Halsel).

Kali ini, laka laut terjadi di perairan di tanjung Mores Desa Cap Kecamatan Obi Utara Halsel yang menimpa sebuah long boat yang menewaskan dua warga Obi.

Kasat Reskrim Polres Halsel AKP Gede Atmaja membenarkan adanya laka laut di Krvamatan Obi Utara.

Dia menjelaskan,insiden berawal, pada Kamis (13/9/2018), 8 warga Desa Pasir Putih kecamatan Obi Utara berangkat menuju pasar Lapanawa Desa Jikotamo kecamatan Obi untuk berjualan sayur-sayuran, namun di perairan Tanjung Mores Desa Cap Kecamatan Obi Utara long boat dengan motoris Yahya diterpa ombak serta gelombang tinggi sehingga long boat mengalami kemacetan mesin hingga terbalik.

Kecelakaan tersebut baru diketahui ketika 1 unit long boat dari Desa Cap Kecamatan Obi Utara hendak melintasi tanjung Mores tiba-tiba melihat satu korban selamat La Acan Ladiba (21) dan 2 korban meninggal dunia mengapung di permukaan laut. Saat itu juga korban dievakuasi dan dikembalikan ke Desa Pasir Putih Kecamatan Obi Utara.

Upaya pencarian oleh warga terus dilakukan dan berhasil menemukan seluruh korban selamat dan meninggal akibat kecelakaan laut itu.

Dari peristiwa kecelakaan laut tersebut 2 orang perempuan ditemukan telah meninggal dunia, kemudian seluruh korban baik korban selamat dan korban meninggal dunia dibawa ke desa Pasir Putih oleh warga masyarakat Desa Cap dan Desa Pasir Putih 

"Penyebab kejadian belum bisa dipastikan tapi diperkirakan karena ombak, perakiraan BMKG sampai dengan tanggal 15 September 2018 ketinggian ombak berkisar dari 1,25 mete sampai dengam 2 meter," jelasnya.

Semua korban, baik korban selamat maupun korban meninggal dunia saat ini telah ditemukan dan telah dikembalikan ke pihak keluarga di Desa Pasir Putih Kecamatan Obi Utara Kabupaten Halmahera Selatan

Berikut Nama Korban Meninggal Dunia:

1. Wasaida Labalao (55) 

2. Wate'e Latanjo, (37)

Korban Selamat:

1. Yahya, (41)

2. La Acan Lasiba, (21)

3. Naim Lanoho, (25)

4. Wauki Laraso, (38)

5. Wanitu, (40)

6. Wanunung La Atimu, (17)

 (it@)


Reporter: Ikbal Bafagih