Home / Berita / Nasional
21 September 2018

Polisi Telusuri Pemasang Spanduk HTI Di Ternate

Panitia #2019 Ganti Presiden : Itu Untuk Memfitnah Kami

Salah satu spanduk yang dipasang di samping Kantor Pajak perempatan lampu merah eks kantor Wali Kota

TERNATE, OT - Aparat Kepolisian Polres Ternate akan menindak tegas oknum-oknum yang dengan sengaja memasang spanduk Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) pada sejimlah titik di kota Ternate.

Amatan indotimur.com, spanduk dukungan HTI terhadap deklarasi #2019 Ganti Presiden yang dipasang pada sejumlah titik dalam kota Ternate diantaranya di perempatan lampu merah kantor pajak Kelurahan Stadion.

Menanggapi hal tersebut, Kasat Intelkam Polres Ternate, Samsul Bahri Handji, saat dikonfirmasi indotimur.com mengatakan, pihaknya tidak akan mentolenir hal tersebut, sebab Pemerintah sudah membubarkan  HTI, "Jika bermunculan dalam bentuk spanduk maka  dari pihak kepolisian akan menindak," ucap Samsul.

Dia berjanji, pihaknya akan melakukan penyelidikan atas beredarnya spanduk-spanduk tersebut, "untuk oknum yang sengaja memasang spanduk ini, akan kami telusuri dan seandainya kami bisa mengungkap kami akan proses hukum," tegasnya.

Samsul menghimbau agar masyarakat jangan tetap tenang dan tidak terpancing dengan isu-isu menyesatkan. "Dalam momen politik ini meskipun kita beda pendapat, silaturahmi menjaga NKRI itu tetap kita jaga, Jika ada perbedaan kecil seperti itu jangan jadikan sebagai jurang bagi kita," tutupnya.

Secara terpisah, salah satu Koordinator kegiatan #2019 Ganti Presiden, M Ibang Firmansyah melalui telepon selularnya, membantah kegiatan deklarasi yang dijadwalkan pekan depan itu, ditunggqngi atau didukung HTI.

Atas nama panitia deklarasi, Ibang sangat menyayangkan tindakan yang dilakukan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab atas pemasangan spanduk dukungan dari HTI, "kegiatan kita imi, tidak ditunggangi olah HTI dan saya sangat yakin, spanduk itu bukan dari kami," tegasnya.

Dia mengaku, selama melakukan konsolidasi, pihaknya tidak pernah membicarakan soal kwterlibatan HTI maupun hal-hal yang berkaitan dengan HTI, "saya tegaskan, spanduk itu, bukan dari kami dan kami tidak berafiliasi dengan HTI," tukasnya.

Dia menduga, ada oknum-oknum yang sengaja memprovokasi dan memfitnah panitia #2019 Ganti Presiden, sebab pihaknya tidak memiliki hubungan apapun dengan HTI.

Ibang juga meminta aparat Kepilisian untuk segera mengusut tuntas persoalan ini, "kami mendukung upaya pihak keamanan untuk mengusut persoalan ini," ujar Ibang sembari meminta masyarakat untuk tidak terpancing dengan pemasangan spanduk-spanduk dukungan dari HTI.

 (red)


Reporter: Randy Basri