Home / Berita / Nasional
06 Agustus 2018

PM Teluk Pelita Tenggelam Di Labuha Bacan

PM Teluk Pelita 05 yang naas dihantam ombak di pesisir Labuha

HALSEL OT - Kapal kayu PM Teluk Pelita 05, Senin (6/8/2018) siang, tenggelam di depan areal pelabuhan Habibie, tepatnya di dekat pantai kompleks Tanah Abang desa Labuha Kecamatan Bacan Halmahera Selatan (Halsel).

Kapal konvensional berkapasitas 6 ton itu dihantam ombak hingga terseret ke tepi pantai areal Tanah Abang Labuha.

Tanyong, salah satu penumpang menjelaskan, PM Teluk Pelita 05 dari Pelabuhan Habibie Labuha menuju desa Pelita.

Namun, sekitar kurang lebih 500 meter, tiba-tiba mesin mati sehingga body kayu itu dihantam ombak hingga terseret dan tengelam ke tepi pantai areal Tanah Abang.

"Saat mogok, ombak hantam dan air masuk ke dalam body melalui bagian belakang hingga body tenggelam," jelasnya.

PM Teluk Pelita 05 itu memuat penumpang kurang lebih 30 oramg, 15 orang diantaranya perempuan dan anak di bawah umur, namun semuanya dilaporkan selamat.

Selain penumpang, body kayu itu juga memuat bahan bangunan seperti semen sebanyak 50 sak, seng 100 lembar ditambah sembilan bahan pokok lainnya.

Dalam musibah itu, seluruh penumpang selamat karena menyelamatkan diri terjun ke air yang airnya dangkal dan sudah dekat dengan areal pemukiman kompleks Tanah Abang Desa Labuha.

"Semua penumpang selamat, mereka sempat dibantu oleh sejumlah warga kompleks Tanah Abang yang mengevakuasi para penumpang terutama yang perempuan dan anak anak" ujar Tayong.

Hingga saat ini, body PM Teluk Pelita 05 yang di nahkodai Ratif masih berada di dekat pantai Tanah Abang.(it@)


Reporter: Ikbal Bafagih