Home / Berita / Nasional
07 Oktober 2018

Pemkot Ternate Kirim Bantuan Dan Dokter Ke Palu Dan Donggala

Selain bantuan berupa barang, Pemkot Ternate juga kirimkan 12 Relawan termasuk dokter

TERNATE, OT - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate mengirimkan 12 orang petugas dari Dinas Kesehatan dan Badan Penggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ternate serta anggota TNI ke Palu dan Donggala untuk membawa bantuan dari Pemkot Ternate, DPRD Ternate serta ASN di lingkup Pemkot Ternate.

Relawan yang terdiri dari dokter, tenaga medis, personil BPBD dan anggota TNI itu, berangkat pada, Jumat (5/10/2018) melalui pelabuhan Ahmad Yani dengan menumpangi kapal milik Pelni, KM Labobar.

Berdasarkan data yang dikantongi indotimur.com, bantuan yang disalurkan  Pemkot Ternate  berupa, mie instan 150 dos, mie goreng 50 dos, pop mie 50 dos, air mineral ukuran gelas 800 dos, minyak kelapa 25 gelon, ikan kering (teri) 250 Kg, ikan asap 40 paket serta pakaian layak pakai 30 kodi/karung.

Wali Kota Ternate, H Burhan Abdurahman kepada wartawan mengatakan bantuan yang diberikan Pemkot Ternate ini, berupa uang tunai, pakaian layak pakai serta bahan-bahan makan siap saji yang terdiri dari air miniral, supermi dan lainnya yang tentunya sangat dibutuhkan masyarakat yang terkena musibah bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala.

"Kita berharap bantuan ini secepatnya tiba di Palu dan Donggala sehingga meringankan beban saudara-saudara kita yang terkena musiba gempa dan tsunami," kata Wali Kota.

Dia menjelaskan, bantuan dari pemerintah, DPRD, ASN dan masyarakat ini merupakan wujud dari pada rasa persaudaran, kepedulian, “dan kita berharap dengan adanya bantuan ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Palu dan Donggala dan bisa meringankan beban yang dihadapapi masyarakat Palu dan Donggala.

"Kita doakan agar bencana alam yang menimpa saudara-saudara kita ini cepat berakhir, kehidupan di Palu dan Donggal pulih seperti biasa, supaya masyarakat bisa beraktifitas dengan baik, kemudian kita doakan kepada Allah SWT, supaya mereka diberikan ketabahan serta kesabaran untuk mengahadapi bencana yang minimpa Palu dan Dinggala ini", harapnya.

Wali Kota dua periode itu menambahkan, petugas yang diutus Pemkot Ternate ini tidak hanya mengantarkan bantuan saja tapi juga ikut membantu dalam hal apa saja, misalnya petugas dokter dan PMI membantu di bidang kesehatan, dan petugas BPBD akan membantu di bidangnya.

"Jadi mereka ke Palu dan Donggal ini tidak sekedar mengantar bantuan dari Pemkot Ternate tapi ikut bergabung dengan tim atau posko yang ada di Palu dan Donggala untuk bisa melakukan pelayanan berupa apa saja sesuai dengan kebutuhan masyarakat disana," ungkap Burhan Abdurahman.(thy)


Reporter: Ibenk