Home / Berita / Nasional
13 April 2019

Pasca Gempa, Petugas Gabungan di Kabupaten Pulau Taliabu Lakukan Patroli

Suasana Petugas Melakukan Himbawan Kepada Masyarakat Setempat

 

 

TALIABU, OT- Pasca gempa berkekuatan 6,9 SR mengguncang Kabupaten Banggai Kepulauan provinsi Sulawesi Tengah, juga dirasakan masyarakat di Kabupaten Pulau Taliabu Provinsi Maluku Utara (Malut), Petugas gabungan dari anggota Polri maupun  TNI serta Badan Penanggulangan Bancana daerah (BPBD) Kabupaten Pulau Taliabu, langsung melakukan patroli sambil menyampaikan imbauan kepada masyarakat. 

 

Kapolres Kabupaten Kepulauan Sula, AKBP Tri Yulianto mengatakan,  setelah gempa petugas gabungan masih melakukan patroli dan pemantauan terhadap kondisi warga di kabupaten Pulau Taliabu.

 

“Saat ini kondisi masyarakat di Kabupaten Pulau Taliabu sudah mulai normal kembali, sebagian warga yang mengungsi sudah kembai tapi sebagian masih bertahan,” ujar kapolres pada indotimur.com malam tadi via telepon.

 

Kata dia, potroli ini sengaja dilakukan agar petugas bisa memantau tindakan-tindakan orang yang nakal karena jangan sampai ada pencurian karena sebagian warga pun masih berada di gunung tempat mengungsi. Selain itu memberikan imbauan.

 

"Petugas gabungan dari aparat sampai sekarang terus melakuka patroli di lapangan apabila terjadi pencurian di rumah kosong yang ditinggal langsung ditindak, serta memberikan pemahaman kepada warga setempat agar tetap tenang dan waspada,  dan masih terus berkoordinasi dengan BMKG,” tutur Kapolres

 

Sementara Kepala BPBD Pulau Taliabu, Sutomo Teapon mengatakan, hingga pukul 24.00 Wit malam ini, kondusif sudah mulai kondusif karena sebagain pengungsi sudah kembali ke rumah masing-masing,

 

Namun, kata dia, sebagian masih bertahan di gunung dan petugas terus malakukan bimbingan kepada masyarakat untuk balik ke rumah serta menyampaikan imbauan kepada masyarakat yang akan kembali agar tetap waspada," pungkasnya. 

Sekedar diketahui, Kabupaten Pulau Taliabu masih masuk wilayah hukum Polres Kepulauan Sula, karena Pulau Taliabu belum ada Polres.