Home / Berita / Nasional
04 Oktober 2018

Pasca Erupsi Gunung Gamalama, Aktifitas Bandara Babullah Normal

Plt Bandara Sultan Babulah Ternate Saifullah Siregar

TERNATE, OT - Pasca erupsi gunung Gamalama di Ternate Maluku Utara, Kamis (4/10/2018) jam 11:52 waktu setempat, aktifitas penerbangan di Bandar Udara (Bandara) Sultan Babullah Ternate, berlangsung seperti biasa.

Plt Kepala Bandara Sultan Babullah, Syaifullah Siregar, kepada awak media termasuk indotimur.com mengatakan, pasca informasi yang diterima dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait erupsi gunung Gamalama, aktifitas bandara Sultan Babullah Ternate beraktifitas seperti biasa dan berlangsung normal.

Meski begitu, Syaifullah menyatakan, pihaknya terus melakukan pemantauan dan siaga terhadap dampak erupsi gunung Gamalama, “sesuai data yang dikeluarkan oleh BMKG yang diterima pihak Bandara, arah angin menuju barat laut hingga Bandara masih dapat melakukan aktifitas sebagaimana biasanya,” terang Syaifullah seraya menerangkan, posisi Bandara berada pada arah timur sehingga Bandara masih dinyatakan aman dari dampak erupsi. 

Dia menambahkan, sejak memperoleh informasi soal erupsi Gamalama sampai saat ini, aktifitas penerbangan berjalan lancar dan normal namun pihaknya akan tetap waspada sesuai data  yang bersumber dari Badan Meteorologi Klimatoglogi dan Geofisika (BMKG) serta Platfrom Pengatur Lalu Lintas Drone di Udara (AirMap) di Manado dan di Ternate apabila terjadi suatu hal yang tidak diinginkan baru akan di tutup.

“Pada posisi pagi hingga sore ini masih tetap berjalan normal dan akan tetap dilakukan pantauan dan monitoring terus kepada pihak terkait,” tutupnya.(red)


Reporter: Randy Basri