Home / Berita / Nasional
02 Januari 2019

Menkominfo Harap Semua Operator Di Maluku Utara Membuat Interkoneksi

Menkominfo Saat Memantau Jalur Palapa Ring Paket Tengah Di Kantor Interkoneksi Kelurahan Tafure

TERNATE, OT - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo RI),  Rudiantara beserta rombongan, Rabu (2/1/2018) mengunjungi Kantor Interkoneksi PT. LEN Telekomunikasi Indonesia di Kelurahan Tafure Kota Ternate Provinsi Maluku Utara.

Dalam kunjungan kerja (Kuker) di Ternate Maluku Utara (Malut), Menteri Kominfo Rudiantara bersama rombongan melakukan pengawasan pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) sebagai jaringan tulang punggung serat optik Palapa Ring Paket Tengah salah satunya yang ada di Kantor Interkoneksi Kota Ternate.

Menteri Kominfo RI, Rudiantara, kepada wartawan termasuk indotimur.com, disela-sela kunjungannya mengatakan, kedatangan perdana di tahun 2019 sebagai bentuk pengawasan interkoneksi jaringan yang sering mati di Maluku Utara namun hal itu bukan hanya terjadi di Maluku Utara namun juga pada sejumlah daerah di Indonesia.

Rudiantara menjelaskan, hingga saat ini, masih banyak belum berbentuk cincin kabel optiknya sehingga jika putus di Ternate bisa dialihkan ke cincin kabel optik yang lain, "nah ini'kan belum terhubung semuanya maka sekarang untuk Palapa rRng Paket Tengah sudah mulai beroperasi namun kenoktivitas ke operator lain belum," ujar Rudiantara.

Dia meminta secepatnya rekan-rekan Telkom, LTI, Indosat, Kominfo dan lainya agar cepat duduk dan membuat interkoneksi serta dukungan pemerintah daerah tentang perizinan, sedangkan untuk anggaran sendiri, akan dikucurkan melalui Pemerintah Pusat, tidak memakai angaran APBD.

"Agar kejadian yang seperti kemarin jika mungkin terjadi kabel laut terganggu, tergeruk oleh arus, bisa putus jika terjadi maka bisa dengan cara lain untuk mencari jalur sendiri," ungkapnya.

Di indonesia, lanjut Menteri, terdapat 514 Kabupaten dan Kota sedangkan 57 Kota/Kabupaten belum terhubung dengan cincin kabel optik maka pertengahan tahun 2019 akan ditargetkan semua terhubung sehingga kabel laut putus maka otomatis bisa mencari jalur yang lain.(red)


Reporter: Randy Basri