Home / Berita / Nasional
05 Oktober 2018

Gempa Guncang Morotai, Warga di Dua Kecamatan Mengungsi

DARUBA, OT - Gempa bumi dengan kekuatan 4,1 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut), Kamis (4/0/2018) sekitar pukul 22:57 WIT, membuat warga di kecamatan Morotai Selatan dan Morotai Timur panik dan lari menuju gunung.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ternate menyebutkan, lokasi gempa tepat berada 2.08 LU, 128.57 bujur timur 36 km tenggara Kabupaten Pulau Morotai pada kedalaman 10 km atau 31 km timur Kota Daruba dan tidak berpotensi tsunami, warga di kawasan pesisir Kecamatan Morotai Selatan dan Morotai Timur mengungsi ke daerah pegunungan.

Warga di dua Kecamatan yang mengungsi yakni Desa Joubela, Totodoku, Mandiri, Sabala dan desa Daeo. Sementara di Morotai Timur, desa Sambiki, Sangowo dan Desa tetangga lainnya juga ikut mengungsi.

"Waktu gempa kami langsung lari menuju gunung karena takut tsunami seperti di Palu," kata Jabdin warga Morotai Selatan, Jumat (05/10/2018) pagi.

Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Polres Pulau Morotai langsung menurunkan sejumlah anggota untuk berjaga dan meminimalisir kepanikan warga.

Beruntung kejadian tersebut tidak ada korban jiwa dan kerusakan bangunan, hanya saja beberapa warga yang panik saat berlari dan terjatuh sehingga mengalami luka ringan.(red)


Reporter: Hizbullah Ode