Home / Berita / Nasional
31 Oktober 2018

BMKG Rilis Peringatan Dini Cuaca Di Wilayah Maluku Utara

Pantauan Langsung Oleh BMKG

TERNATE, OT - Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Babullah Ternate Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Maluku Utara telah mengeluarkan peringatan dini prakiraan cuaca di wilayah Maluku Utara.

BMKG merilis, terjadi hujan sedang hingga lebat di sertai dengan petir dan angin kencang pada pukul 18.00 WIT. 

Untuk wilayah yang diperkirakan, antara lain, wilayah Sidangoli, Waijoi Sofifi, Oba serta dapat meluas ke wilayah Subaim, Maba, Buli, Bicoli, Weda, Payahe, Malifut, Ibu dan Kedi.

Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 18.00 WIT, sesuai rilis yang di terima redaksi indotimur.com melalui prakirawan, Fahmi A Bachdar, di Grup BMKG Provinsi Maluku Utara.

BMKG menyebut, pada pagi hingga siang hari kondisi cerah berawan di seluruh wilayah Maluku Utara, sedangkan pada sore hari, cuaca cerah berawan namun berpotensi hujan lokal di wilayah Jailolo, Sofifi, Maba, Weda, Labuha dan Taliabu.

Pada malam hari cerah berawan yang terjadi hujan lokal dengan potensi di wilayah Tobelo, Ternate dan Tidore pada sore ini akan terjadi hujan lokal dengan potensi di wilayah Labuha dan Sanana dengan suhu udara 23 sampai 32 ⁰C dan kelembaban udara dari 55 sampai 100% 

Arah angin, berdasarkan prakiraan cuacaenyebutkan, dari arah utara ke selatan dengan kecepatan 5 hingga 20 km/jam, sehingga masyarakat diminta untuk tidak panik namun tetap waspada.

BMKG juga merilis tinggi gelombang laut yang mencapai 2,0 meter berpotensi terjadi di wilayah samudra pasifik utara, kepulauan Halmahera, laut Halmahera dan perairan timur Halmahera .(red)


Reporter: Randy Basri