Home / Berita / Nasional
04 Oktober 2018

BMKG Halsel Ajak Warga Tidak Mudah Percaya Isu Tsunami

Kepala BMKG Halsel

HALSEL OT - Badan Meteorologi Klimatologi, Dan Geofisika (BMKG) Halmahera Selatan (Halsel) mengajak warga di wilayah Halsel untuk tidak menanggapi adanya isu atau kabar soal bakal terjadi gempa dan tsunami di wilayah Halsel.

"Saya menghimbau agar masyarakat Halsel  tidak mudah percaya dan mendengarkan isu dari pihak yang tidak bertanggun jawab, jadi masyarakat Halsel diharapkan tenang, dan terus beraktifitas seperti biasa, apabila terjadi indikasi gempa maka kami akan merespon dengan cepat," jelas Deny, Kepala BMKG Halsel terkait adanya isu yang sempat meresahkan warga Halsel terkait adanya informasi yang beradar dimedia sosial (Medsos) dimana Kabupaten Halsel akan terkena bencana gempa dan stunami sehingga menimbulkan ketakutan dan kehawatiran yang tidak berdasar.

Denny menghimbau agar masyarakat Halsel tidak perlu panik, karena hingga saat ini belum ada teknologi dimanapun, yang mampu mendeteksi gempa secara pasti, baik besaran gempa, lokasi,dan waktu.

Dijelaskan, stunami terjadi jika ada gempa diatas 6 SR, dan itu adalah gempa dangkal yang terjadi di lautan. 

Menurutnya jika terindikasi adanya stunami maka BMKG  secepatnya akan memberikan informasi ke Pemerintah Daerah dalam waktu sekian detik untuk dapat diinformasikan kepada masyarakat Halsel.

"Saya menghimbau agar masyarakat Halsel  tidak mudah percaya dan mendengarkan isu dari pihak yang tidak bertanggun jawab, jadi masyarakat Halsel diharapkan tenang, dan terus beraktifitas seperti biasa, apabila terjadi indikasi gempa maka kami akan merespon dengan cepat," ujarnya.(it@)


Reporter: Ikbal Bafagih