Home / Advertorial / Kotaku
06 Juni 2018

Usai Ramadhan, Program BSPS Resmi Digulirkan

Kadis Perkim Kota Ternate, Dr Rizal Marsaoly didampingi Kasie Intel Kejari Ternate, Muhammad Ruslan dan Dirut BPRS Bahari Berkesan H Risdan Harly

TERNATE, OT - Setelah melalui berbagai tahapan, program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) DAK tahun 2018, untuk 667 Kepala Keluarga (KK) pada 16 Kelurahan di 3 Kecamatan dalam wilayahnKota Ternate, akan segera digulirkan.

Seperti tahun lalu, penerima program BSPS di Kota Ternate, adalah warga yang masuk sebagai kategori masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan Rumah Tidak Layan Huni (RTHL) yang tersebar pada 16 Kelurahan di Kota Ternate.

Kelurahan-Kelurahan yang mendapat program BSPS tahun 2018, antara lain, Kelurahan Fitu, Kalumata, Kayu Merah, Kelurahan Bastiong Karance, Bastiong Talangame, Mangga Dua, Mangga Dua Utara, Toboko, Dufa-Dufa, Kelurahan Tubo, Sangaji, Toboleu, Soa Sio, Salero, Makassar Timur dan Kelurahan Kota Baru.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkim) Kota Ternate, Dr Rizal Marsaoly mengatakan, sosialisasi yang dilakukan kepada 667 penerima BSPS ini sangat penting untuk memberikan pemahanan tentang bantuan tersebut. "Dari sosialisasi tadi kita tekankan pada masalah hasil evaluasi di tahun kemarin," katanya.

Hal ini kata dia, penting dilakukan agar penyaluran di tahun 2018 ini mampu meminimalisir masalah di tahun sebelumnya agar tidak terulang. "Jadi disosialisasi ini juga kita libatkan dari pihak Kejaksaan dan BPRS selaku bank penyalur, sebab BPRS Bahari Berkesan sudah mendapat otoritas dari Kementerian Keuangan maupun OJK," ungkapnya.

Doktor lulusan UMI Makassar itu menjelaskan, pada tahun ini, ada peningkatan jumlah penerima bantuan dibanding tahun sebelumnya. "Begitu juga besaran bantuan, ada tiga kategori penerima program BSPS, yakni kategori rusak ringan sebesar Rp, 9.709.500,- sedangkan rusak sedang Rp, 12.946.000,- dan rusak berat ditetapkan lebih dari Rp, 19 juta," terang Rizal.

Dia berharap, para penerima BSPS tahun ini, memanfaatkan bantuan tersebut secara efektif dan efisien, sehingga target penyerapan anggaran bisa sesuai dengan yang telah disepakati. "Insya Allah, setelah ramadhan, program BSPS ini akan jalan dan kita akan memulai dari Kelurahan Fitu," pungkasnya.
(thy)


Reporter: Ibenk