Home / Advertorial / Kotaku
07 April 2018

Ini Kelurahan Di Ternate Yang Mendapat BSPS Tahun Ini

Rizal: Moti Dan Hiri 365 KK

Kepala Dinas PRKPP kota Ternate, Rizal Marsaoly

BALI, OT - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPRKPP), tahun ini kembali mendapat Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) perumahan dan pemukimam dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Untuk tahun ini, pihak Kementerian PUPR melalui Dirjen Penyediaan Perumahan, mengelontorkan dana sebesar, Rp, 5.445.816.000,- untuk program BSPS kepada 267 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar pada 17 kelurahan yang ada di kota Ternate.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPRKPP), kota Ternate, Rizal Marsaoly mengatakan, usai menggelar rapat koordinasi dengan pemerintah pusat di Bali, Pemkot Ternate tahun ini akan mendapat anggaran sebesar Rp, 5,4 miliyar lebih untuk program BSPS bagi 267 KK yang tersebar pada 17 kelurahan di kota Ternate.

Menurutnya, kelurahan yang mendapatkan bantuan BSPS ini antara lain, kelurahan Makassar Timur, kelurahan Kota Baru dan kelurahan Gamalma di kecamatan Ternate Tengah. Sedangkan di kecamatan Ternate Utara, kelurahan Soa Sio, Salero, Sangaji, kelurahan Dufa Dufa, Toboleu dan kelurahan Tubo.

"Dan untuk kecamatan Ternate Selatan, karena memang banyak penduduknya, maka ada 8 kelurahan yang dapat, yaitu
kelurahan Fitu, Kalumata, Kayu Merah, Bastiong Karance dan Talangame, kelurahan Mangga Dua dan Mangga Dua Utara serta kelurahan Toboko," terang Rizal, seraya mengatakan di kecamatan Pulau Moti dan Hiri, juga memperoleh bantuan yang sama.

Selain di pulau Ternate, dua kecamatan di luar pulau Ternate, juga mendapat bantuan yang sama. "Di kecamatan Hiri dan Moti itu, sumber pembiayaan dari APBN melalui SNVT PU provinsi Malut, dengan porsi Hiri 125 KK dan Moti 240 KK yang tersebar sesuai urgensi pada masing-masing kelurahan," jelasnya.

Rizal menambahkan, kelurahan-kelurahan yang mendapat bantuan BSPS merupakan daerah yang masuk dalam delineasi kawasan kumuh di kota Ternate. "Sesuai petunjuk pelaksanaan dan petunjuk tekhnis, seperti itu (kawasan kumuh-red)," ujar Rizal.

Terkait data calon penerima, Rizal mengaku memperoleh dari pihak kelurahan, namun tidak serta merta, data tersebut langsung disetujui. "Untuk tahun ini, data calon penerima BSPS akan lebih ketat dalam proses verifikasi di lapangan, agar yang mendapat bantuan, benar-benar masyarakat yang membutuhkan," kata Rizal sembari menyebut, tim verifikasi berasal dari berbagai unsur.

"Untuk menjamin pemberian BSPS tepat sasaran dan tepat guna, kita juga libatkan tim pengawasan dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Ternate dan tim fasilitator yang bertugas melakukan pengawasan penyaluran bantuan," ungkap mantan sekretaris Bappeda ini.

Dia menjamin, setalah melakukan verifikasi, bantuan BSPS untuk 267 KK pada 17 kelurahan di kota Ternate akan segera dikucurkan. "Saat ini sedang dilakukan verifikasi, secepatnya akan dikucurkan," pungkas Rizal.(thy)


Reporter: Ibenk