Home / Berita / Hukrim
10 September 2018

Mencuri Di Masjid Kampus, Seorang Mahasiswa Diamankan Polisi

Pelaku YTH (24) yang diamankan Polisi

TERNATE, OT - Seorang mahasiswa pada sebuah perguruan tinggi ternama di bagian selatan Kota Ternate, Senin (10/9/2018) sekitar pukul 14:35 WIT, diamankan anggota Piket Sat Intelkam Polres Ternate, karena diduga mencurian barang elektronik di Kampus IAIN Ternate.

Informasi yang dihimpun imdotimur.com menyebutkan, pelaku berinisial YHT (24) alias Yus warga Kelurahan Makassar Timur itu diamankan Kampus IAIN Ternate saat akan melakukan aksinya di masjid kampus IAIN Kelurahan Dufa Dufa.

Salah satu pengurus masjid IAIN Ternate, Ardiyanto Ucu dalam keterangannya menyebut, sekitar pukul 13:00 WIT, pelaku terlihat berada dalam masjid.

Melihat pelaku, berada dalam masjid, Ardiyanto belum menghampiri karena menunggu pelaksanaan salat Dzuhur selesai. Usai salat, Ardiyanto yang sudah mencurigai pelaku karena sebelumnya wajah telah terekam CCTV Gedung Pasca Sarjana tepat samping Mesjid IAIN, saat pelaku sedang membongkar sebuah tas salah satu jamaah masjid di halaman depan Mesjid, pada bulam April 2018 lalu.

Setelah memastikan pelaku, Ardiyanto bersama Yusri Haji yang juga merupakan salah satu korban pencurian HP langsung menghampiri pelaku dan menanyakan identitas.

Saat diinterogasi, pelaku nampak panik sehingga pertanyaan yang diajukan dijawab dengan tidak jelas. Pelaku kemudian diamankan di ruangan Kabag Umum Kampus, karena melihat massa/mahasiswa sudah mulai berkumpul.

Pihak kampus melalui Dekan Syariah IAIN Ternate Yamin Hadad, langsung menghubungi Kasat IK Res Ternate dan melaporkan kejadian pencurian tersebut

Sekitar pukul 14.35 WIT, anggota Piket Sat Intelkam Polres Ternate tiba di ruangan Kabag Umum Kampusn IAIN Ternate dan langsung mengamankan pelaku ke Polres Ternate bersama salah satu korban Yusri Haji dan pengurus masjid Ardiyanto untuk dimintai keterangan dan membuat Laporan Polisi (LP)

Berdasarkan hasil pemeriksaan, pelaku mengaku telah melakukan aksi pencurian sebanyak dua kali di masjid IAIN. Pelaku melakukan aksinya saat target atau pelaku sedang melaksanakan salat.

Di hadapan Polisi, pelaku mengaku telah mengambil 4 unit handphone masing-masing, 2 unit HP merek Xiaomi, 1 unit HP merek Samsung J2 Crime, 1 unit HP merek Vivo, serta 1 unit laptop merek Acer (milik kampus) yang diambil di masjid IAIN.

Saat ini pelaku sudah diamankan di ruang Unit Resmob Polres Ternate guna dilakukan pemeriksaan dan proses pengembangan kasus.(thy)


Reporter: Ibenk