Home / Berita / Hukrim
10 Januari 2019

Durian Mulai Membanjiri Ternate

Pedagang durian di depan kantor PLN Ternate

TERNATE, OT - Sejumlah pedagang buah durian, memanfaatkan trotoar di kawasan depan kantor PLN Ternate atau sepanjang jalan Ahmad Yani Kelurahan Muhajirim Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara.

Amatan indotimur.com, menyebutkan, para pedagang durian ini, mulai menjajakan dagangannya mulai dari pagi hingga sore hari, bahkan ada sebagian yang berjualan hingga malam hari.

Syarif salah satu pedagang durian di kawasan depan PLN menyatakan, durian yang dijualnya berasal dari Kota Tidore Kepulauan, "saya sudah lama berjualan seperti ini, setiap musim durian," kata Syarif yang akrab disapa Muda.

Dia mengaku, musim durian tahun ini, durasinya lebih lama dari pada tahun sebelumnya, "musim di tahun ini dan yang lalu berbeda, musim tahun ini banyak bahkan dalam jangka satu tahun tidak akan habis karena buahnya bertahap," kata Muda kepada indotimur.com.

Bahkan, Muda memprediksi, bulan depan, harga durian akan turun, sebab stok melimpah. "Kemungkinan bulan depan harga durian akan menurun atau murah karena stok durian terlalu banyak," ujar Muda.

Dia mengaku, harga durian yang dijual, bervariasi, tergantung ukuran buah durian, "kalau yang besar harganya Rp.50.000/buah, sementara ukuran sedang dijual Rp.35.000,- Ada juga yang kecil-kecil lima buah Rp.100.000,-" ungkapnya.

Dia mengaku pernah berjualan di kawasan Tapak II, namun di Tapak II, tempat jualannya cukup panas sebeb berada di dekat laut, "kalau di sini agak enak karena tidak ada uapan air laut," tutur Muda seraya menyebut, lokasi penjualan tidak mempengaruhi pe dapatan harian.

"Pendapatan saya perhari kalau mulai pagi hingga sore tergantung banyak buah dan pembeli, kadang saya dapat Rp.2.000.000 atau Rp.2.500.000/hari," pungkas Muda.(mg_02)(mg)


Reporter: magang