Home / Indomalut / Halut
22 Maret 2019

Satgas TMMD Kodim Tobelo Karya Bhakti Bersama Kelompok Tani Buat Saluran Irigasi

TOBELO, OT- Upaya TNI dalam membantu masyarakat di bidang pertanian terus dilakukan, mulai dari pendampingan cara pengolahan lahan, tanam, pengobatan, hingga membantu pemupukan sampai masa panen.

Bahkan distribusi pupuk dan proses penjualan hasil panen juga tetap dikawal oleh para prajurit TNI AD. Kali ini TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD 104 wilayah Kodim 1508/Tobelo selain melaksanakan sasaran fisik dan sasaran non fisik yang sudah terprogram juga membantu kelompok tani Sidomulyo membuat saluran irigasi sekunder guna mengaliri 70 ha lahan sawah milik kelompok tani Desa Sidomulyo Kecamatan Kao Barat Kabupaten Halmahera Utara (Halut), yang selama ini belum memiliki saluran irigasi sekunder maupun tersier, Jumat (22/03/19).

Komandan SSK Satgas TMMD 104 Kodim 1508/Tbl Kapten Inf I Putu Artana Jaya yang ditemui disela-sela kegiatan mengatakan, selama ini kelompok tani setiap musim tanam mereka melakukan dengan sistem tanam tadah hujan, ada sebagian menggunakan sistem Pompanisasi. Namun dengan sistem Pompanisasi ini mereka merasa berat karena tidak sesuai biaya operasional yang mereka keluarkan dengan hasil yang mereka dapatkan.

"Dengan adanya kondisi seperti inilah yang membuat kami Satgas TMMD tergerak dan memutuskan untuk membantu membuatkan saluran secara manual, bekerjasama dengan kelompok tani yang ada di areal 70 ha tersebut," ujarnya.

Sementara Ketua Kelompok Tani bpk Arifin mengatakan,  mereka sangat bersyukur dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Satgas TMMD ke 104 kepada Pok Tani Desa Sidomulyo, dengan berbekal tekad dan semangat serta kekompakan antara TNI dengan masyarakat akhirnya bisa mewujudkan impian dari Para Petani memiliki saluran irigasi, sehingga diharapkan pada musim panen berikutnya petani tidak lagi menggunakan sistem Pompanisasi maupun tadah hujan. (WYU-1508).(red)


Reporter: Fauzan Azzam