Home / Indomalut / Haltim
10 Januari 2019

Yudhi Salam Pimpin PWI Haltim

Yudi Salam

MABA,OT- Setelah pembentukan Persatuan wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), giliran Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) membentuk organisasi wartawan bersakala nasional itu.

Pemilihan ketua PWI Halmahera Timur yang dilakukan secara musayawarah yang dihadiri seluruh anggota, Yudhi Salam dipercayakan sebagai ketua PWI Haltim, sekretaris Hasrul Rao dan Bendahara Rudi Mochtar.

Yudhi Salam mengatakan, tujuan utama dari pembentukan PWI Haltim sebagai langkah strategis dalam memperkuat solidaritas wartawan yang ada di Halmahera Timur. "Jadi untuk langkah awal kita setelah nantinya diberikan SK dari PWI provinsi ialah melaksanakan agenda pelantikan dan menyusun program kerja untuk kegiatan kegiatan yang akan datang," kata Yudhy, Kamis (10/01/2019).

Diaktakan, PWI sebagai lembaga pers resmi dan wadah berhimpun harus memperkuat posisisnya terutama di halmahera timur, hal itu menyusul masih banyak pekerja pers yang perlu mendapatkan perlindungan baik hukum mapun diakriminasi dalam menjalankan tugasnya setiap hari.

"Makanya lembaga ini juga nantinya menjadi medium kita untuk mendorong kepentingan kepentingan wartawan dan lebih lagi bagaimana kebebasan pers bisa tetap terjaga tanpa ada diskriminasi dari pihak pihak lain," katanya.

Salah satu program utama yang akan di prioritaskan kata dia, yakni peningkatan kapasitas wartawan dengan mengikutsertakan Wartawan haltim yang belum tersertifikasi agar mendapatkan kartu identitas PWI. "Ini yang harus kita dorong sebab sebagian besar  wartawan haltim belum mengikuti UKW karena syarat sertufikasi itu salah satunya adalah ikut UKW, sebagai dasar bahwa wartawan tersebut sudah tersertifikasi," ujar Yudhy.(dx)


Reporter: Rudi Mochtar