Home / Indomalut / Haltim
16 April 2018

Petani Haltim Kesulitan Pasarkan Hasil Pertanian

Bahmit Djafar

MABA,OT- Hasil pertanian di Satuan Pemukiman atau SP4 desa Patlean, Kecamatan Maba Utara, Kabupaten Halmahera Timur (Haltim)bsangat menjanjikan. Namun, tidak ada ketersediaan pasar yang memadai sehingga  petani tidak dapat menjual hasil pertanian mereka.

Bahmit Djafar, salah satu tokoh pemuda asal Desa Patlean mengaku, sangat disayangkan para petani tidak dapat menjual hasil pertaniannya. Padahal hasil pertanian sangat membantu perekonomian mereka. 

"Masalah yang paling tersentuh di Patlean adalah hasil pertanian. Karena tidak ada pasar, sehingga warga sulit jual hasil pertanian mereka," ujar Bahmit, Senin (16/04/2018).

Kata dia, Pemerintah Kabupaten Haltim melalui instansi teknisnya harus segera mencari solusi, agar petani tidak lagi kesulitan pasarkan hasil pertanian. 

"Tidak adanya pasar di Maba Utara, sehingga hasil pertanian milik warga pun mubajir. Maka diharapkan ada perhatian dari Pemkab," katanya.

Dia menjelaskan, persoalan lain di Maba Utara juga yakni akses jalan menghubungkan antar desa, agar segera dituntaskan oleh Pemkab. Sehingga hasil pertanian warga bisa dipasarkan melalui akses transportasi darat antar kecamatan. 

"Kita akui Pemkab saat ini mulai bangun jalan di Utara. Maka kita berharap pembangunan jalan ini bisa membuka akses pertumbuhan ekonomi antar kecamatan," harapnya.(dx)


Reporter: Rudi Mochtar