Home / Indomalut / Haltim
15 November 2018

Alihkan Proyek ke Desa Bicoli, Warga Desa Momole Sesalkan Sikap Disperkim Malut

Surat pernyataan yang tidak ditandatangani Kades Momole

MABA,OT- Proyek pembangunan jalan pantai kawasan Pemukiman di Kabupaten Halmahera Timur, dikeluhkan  Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Momole, Kecamatan Maba Selatan. 

Proyek yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) tahun 2018 yang ada di Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Provinsi Maluku Utara dengan nomenklaturnya di Desa Momole, dialihkan ke Desa Bicoli tanpa ada penjelasan resmi dari Disperkim Malut. 

"Lokasi proyek jalan pantai kawasan pemukiman, seharusnya di Desa Momole, anehnya Disperkim pindahkan lokasi proyek di Desa Bicoli. Dan ini yang kita sesalkan ke pihak Disperkim," kata ketua BPD Momole, Marsudin H Ramalan kepada wartawan, Kamis (15/11/2018).

Kata dia, Disperkim harus memberikan penjelasan terkait pengalihan lokasi pembangunan jalan pantai kawasan pemukiman tersebut, karena sesuai surat pernyataan dari Disperkim yang ditujukan ke Pemerintah Desa, bahwa kegiatan proyek itu dilakosi Desa Momole. 

"Harus ada penjelasan dari Disperkim ke Desa, karena yang kami ketahui lokasi pelaksanaan proyek tersebut di Desa Momole. Tapi mereka bangun di Desa Bicoli dan surat pernyataan lokasi pembangunan di Desa Momole," katanya.

Hal itu dibenarkan Kepala Desa Momole, Muhammad Abubakar, bahwa proyek pembangunan jalan pantai kawasan pemukiman di Desa Bicoli dikerjakan oleh PT Bangun Bumi Mahera. Padahal seharusnya lokasi pekerjaannya di bangun di Desa Momole. 

"Ada surat dari Disperkim Malut, isi surat itu menyebutkan telah dikerjakan pembangunan jalan pantai kawasan pemukiman di Desa Momole, yang terjadi saat ini  lokasi pekerjaannya di Desa Bicoli," aku Muhammad.

Lanjut dia, surat yang ditujukan ke Pemerintah Desa Momole oleh Disperkim Malut agar diminta kepala Desa membubuhi, namun dirinya menolak dengan keras. Karena lokasi pelaksanaan pembangunan jalan pantai kawasan pemukiman di Desa Bicoli. 

"Kalau pelaksanaan proyeknya di Desa Momole, maka saya tanda tangan surat tersebut. Sementara pengalihan proyek itu kami juga tidak mengetahui secara pasti, karena tidak ada penjelasan resmi dari Disperkim Malut," ujarnya.(dx)


Reporter: Rudi Mochtar