Home / Indomalut / Halsel
05 Januari 2019

Tiga Kali Diguncang Gempa, Warga Halsel Mulai Mengungsi

Pusat gempa ketiga di wilayah Halsel

HALSEL OT - Lagi, gempa mengguncang wilayah Halmahera Selatan (Halsel), bahkan hingga berita ini dipublish, tercatat sudah tiga kali gempa guncang Halsel sejak malam hingga siang ini.

Akibatnya, warga panik dan bahkan ada sebagian warga yang mendiami kawasan pesisir pantai merasa takut dan mulai mengungsi ke daerah yang aman.

Berdasarkan rilis dari BMKG, gempa yang ketiga, terjadi pada jam 12.11 WIT  dengan kekuatan 4,7 SR dengan titik lokasi 09 LS 127.45 BT.

Pusat gempa berada pada di laut 30 km dari selatan kota Labuha Halsel dengan kedalaman 10 km.

Bupati Halsel Bahrain Kasuba meminta warga Halsel untuk tidak panik dan tetap tenang.

"Baru saja kita merasakan kekuasaan Allah SWT berupa gempa untuk wilayah Halmahera Selatan, saya mengimbau kita semua untuk tidak panik dan tetap tenang," imbau Bahrain pasca gempa ketiga.

Orang nomor satu di jajaran Pemkab Halsel itu mengajak warga di wilayahnya, untuk tetap tenang dan tidak panik, "jika gempa terjadi saat anda berada di dalam rumah, segera cari tempat berlindung di bawah meja dengan memegang kaki meja. Jangan lupa lindungi kepala anda, bisa dengan tas, atau minimal dengan tangan," ungkap Bahrain

Jika berada di dalam gedung, secepat dan seaman mungkin keluarlah dari gedung setelah gempa berhenti.

Sementara jika berada di luar rumah, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah mencari tanah lapang dan jauhi pohon, tiang listrik, atau bangunan yang bisa rubuh seketika. 

"Yang paling penting saat gempa adalah, jangan panik, tetap tenang dan perhatikan sekitar Anda dengan cermat dan mari kita perbanyak doa saat terjadi gempa," ajaknya.

Sebelumnya, gempa dengan kekuatan 5.1 SR, terkadi pada jam 10:55:39 WIT juga mengguncang wilayah Halsel.

Pusat gempa berada pada lokasi :0.89 LS,127.51 BT atau 72 km Barat Laut Halsel dengan kedalaman 10 Km.

Gempa juga terjadi di wilayah Halsel pada Jumat (4/1/2018) pada jam 23.13 WIT dengan kekuatan 3,5 SR.

Pusat gempa pada lokasi 0.89 LS 127.43 BT atau berada pada 29 km Selatan Labuha dengan kedalaman 10 km. ([email protected])


Reporter: Ikbal Bafagih