Home / Indomalut / Halsel
11 November 2018

Ini Hasil Pencarian Hari Pertama Nelayan Asal Makian Yang Dilaporkan Hilang

Jubir Basarnas : Besok Pencarian Dilanjutkan

TERNATE, OT - Kantor Pencarian dan Pertolongan kelas B Ternate, menerjunkan sedikitnya 4 persomil, didukung satu unit perahu karet RIB sejak pagi tadi telah melakukan pencarian terhadap salah satu nelayan yang dikabarkan hilang saat mencari ikan di perairan pulau Makian Kabupaten Halmahera.Selatan.

Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah, melalui juru bicara Basarnas Ternate, Ichsan M Nur menjelaskan, proses pencarian pada Minggu (11/11/2018) pagi, tim Basarnas dibantu dua personil Babinsa Pulau Makian serta 12 warga nelayan Desa Malapat.

"Unsur yang terlibat dari Kansar 1 Unit RIB, bersama 4 personil ditambah 2 Babimsa Pulau Makian dan 12 nelayan lokal warga Malapat yang menggunakan bodi perahu nelayan," ungkap M Ichsan.

Dia menjelaskan,.sekira pukul.11:53 waktu.setempat, RIB 02 Ternate tiba di Desa Soma selanjutnya melakukan refueling BBM.

"Sekitar pukul 13.03 WIT, untuk efektifitas pencarian RIB 02 Ternatee bergerak menuju Koordinat Exit Point dikarenakan jarak yang tidak terlalu jauh dari Desa Soma untuk selanjutnya melakukan searching di search area. Sehingga koordinat berubah dari Exit Point menjadi Entry Point, dan Entry Point menjadi Exit Point," terang Ichsan.

Sekitar pukul 15.03 WIT, RIB 02 Ternate sampai di koordinat Exit Point dengan hasil pencarian nihil. "Sekitar pukul 15.28 WIT, RIB 02 Ternate tiba di Dermaga Desa Malapat untuk pengisian logistik.

"Kemudian pada pukul 16.15 WIT, RIB 02 Tetnate bergerak menuju Pulau Moti, untuk mengisi BBM, sebab stok BBM di Pulau Makian habis. Sekitar pukul 17.08 WIT, RIB 02 Ternate tiba di Dermaga Desa Kota, Pulau Moti untuk de briefing Ops SAR hari pertama dan pengisian logistik," ungkapnya.

Dengan laporan tersebut, Ichsan M Nur, menjelaskan, Tim Rescue Kansar Ternate bersama dengan unsur masyarakat Desa Malapat telah melakukan pencarian sesuai dengan Rencana Operasi yang dibuat. RIB 02 Kansar Ternate mengcover ± 4 NM dari bibir pantai dengan luas search area ± 15 NM2, sementara perahu bodi masyarakat menyisir daerah pesisir namun belum membuahkan hasil.

"Operasi pencarian akan kembali dilanjutkan pada Senin 12 November 2108, besok," pungkasnya.(thy)


Reporter: Ibenk