Home / Indomalut / Halsel
03 Januari 2019

Hari Kedua Pencarian Warga Asal Bitung Belum Ditemukan

Tim SAR Saat Melakukan Pencarian Hari Kedua

TERNATE, OT - Memasuki hari kedua operasi pencarian warga asal Bitung Sulawesi Utara yang dilaporkan hilang bersama rumpon di perairan Halmahera Selatan (Halsel) oleh tim Basarnas, belum membuakan hasil.

Kepala Basarnas Ternate, M. Arafah dalam rilisnya yang diterima redaksi indotimur.com, menyebut, sekitar pukul 07.30 WIT, tim SAR gabungan kembali melakukan pencarian hari kedua dengan menggunakan RIB (Rigid Infletable Boat) Searider.

Berdasarkan hasil koordinasi via radio antara rumpon dan ORARI maka Ops SAR direncanakan tim Rescue bergerak kurang lebih 10 NM arah Barat dari Suar Pulau Sarang Burung  C2s14m13M.

Kata dia, pencarian hari kedua ini akan diperluas hingga 10 NM dari titik awal LKP, dengan mengerahkan 5 orang personil unit siaga SAR Bacan, 1 orang anggota personil Pos TNI AL Bacan dan 1 orang dari unsur Orari Bacan.

"Pencarian hari pertama telah dilakukan penyisiran di pulau Lata Lata dan Pulau Mauri, namun masih belum membuahkan hasil. Team juga telah menyampaikan kepada kapal-kapal yang melintas di area tersebut maupun nelayan apabila menemukan korban agar segera melaporkan ke Basarnas," kata Arafah sebagaimana dikutip dari rilis yang dikirimkan Bagian Humas Basarnas Ternate.

Arafah menyebut, cuaca yang kurang bersahabat menjadi sedikit kendala dalam operasi pencarian, "ketinggian ombak 1,5 m sampai dengan 2 meter, kecepatan angin 6 Kts dari arah utara. "Meski demikian, upaya pencarian tetap dilakukan hingga pukul 18.00 WIT Kemarin. Dan perkembangan selanjutnya akan disampaikan," tutup Arafah dalam keterangannya. (red)


Reporter: Randy Basri