Home / Indomalut / Halsel
16 November 2018

Basarnas Dibantu KPLP Dan Masyarakat Lakukan Pencarian Nelayan Yang Hilang

Tim SAR Ternate Saat Melakukan Pencarian 1 Orang Nelayan Yang Hilang

TERNATE, OT - Proses pencarian oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Ternate yang di bantu langsung oleh Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) dan Masyarakat oleh seorang Nelayan asal Desa Malapat Kecematan Makian Barat Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) hingga memasuki hari ke lima belum membuakan hasil.

Kepala Basarnas Ternate,  Muhammad Arafah mengatakan untuk hasil Operasi SAR hari ke 5 terhadap seorang nelayan asal.Desa Malapat Pulau Makian, dilakukan sejak pukul 07:00 pagi, tim Rescue Basarnas Ternate tiba di search area sekitar perairan Pulau Miskin Kayoa untuk selanjutnya melakukan searching search area pencarian.

"Sementara untuk SRU II dan III yg terdiri dari Tim SAR, KPLP dan Masyarakat juga ikut sertakan melakukan penyisiran di Pesisir Pulau Makian,".ungkap Arafah, Jumat (16/11/2018).

Pencarian pada hari ke-5 ini dengan mengunakan Kapal 375 KUPP Soa-sio Tidore bergabung dengan Tim SAR Gabungan untuk selanjutnya akan diarahkan melakukan penyisiran di Perairan Pulau Makian dan Pulau Kayoa.

Dari unsur yang terlibat Tim Basarnas Ternate 1 Unit Rigid Inflatable Boat sebanyak 4 Personil. KUPP Soa-sio Tidore dengan 1 Unit Kapal Patroli KNP 375, Babinsa Pulau Makian sebanyak 2 Personil, Masyarakat Desa Malapat Makian sebanyak 15 orang dan 5 perahu bodi, dan Masyarakat Desa Soma Makian sebanyak 9 orang serta 3 Perahu bodi.

Pencarian hari ke-5 sesuai dengan Rencana Operasi. Tim SAR Gabungan dibagi menjadi 3 regu yakni SRU I RIB 02 Ternate melakukan searching di Perairan Desa Gita  untuk siang hari Kapal Patroli KNP 375 milik KUPP Soasio Tidore turut bergabung dalam pencarian di Perairan Pulau Miskin, Kayoa hingga Sore Hari  Untuk SRU II dan SRU III yg terdiri dari masyarakat yang mengunakan perahu bodi.

Tim Rescue SAR Ternate selama melakukan pencarian telah berkoordinasi serta memapelkan berita operasi kepada kapal-kapal yang melintas maupun nelayan masyarakat sekitar terkait Operasi SAR terhadap 1 nelayan yang hilang bilamana menemukan tanda-tanda keberadaan korban agar segera menghubungi Basarnas Ternate. (red)


Reporter: Randy Basri