08 Agustus 2018

Ini Program Kerja Diskomsandi Ternate Tahun 2018

Thamrin Marsaoly

TERNATE, OT - Di tahun 2018 ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskomsandi), melaksanakan beberapa program kerja untuk menunjang visi misi Ternate sebagai Kota Smart Island.

Salah satu program unggulan di bidang informatika, adalah memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengakses informasi melalui program Internet Rakyat (INKRA)

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskomsandi) Kota Ternate, Thamrin Marsaoly, mengatakan, pada tahun ini, pihaknya telah merancang sejumlah program unggulan pada bidang komunikasi, informatika, dan persandian.

Kata dia, ada tiga bagian penting dalam program kerja, yaitu, informatika, "dimana, kami menyediakan beberapa alat pendukung seperti penyediaan internet gratis, yang sudah terpasang pada beberapa titik seperti taman Nukila, taman Toboko, fasilitas umum dan sejumlah Kelurahan tertentu," ujar Thamrin.

Hal ini, kata Thamrin, bertujuan agar masyarakat dapat mengakses internet secara gratis.

"Program kedua, adalah pembuatan aplikasi secara on-line,yaitu Ternate Command Center. Program ini adalah program pertama pada 10 Kabupaten dan Kota di Maluku Utara," jelasnya.

Thamrin menjelaskan, Command Center adalah program terintegrasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk melayani berbagai pengaduan masyarakat, "misalnya pengaduan air bersih, jalan rusak, pelayanan puskesmas atau pendidikan," terang Thamrin seraya menyebut, program langsung terintegrasi dengan SKPD terkait, sehingga keluhan warga langsung direspon.

Di bidang komunikasi, lanjut Thamrin, pihaknya juga bekerjasama demgan Pers Liputan Kota untuk kegiatan peningkatan kapasitas jurnalis, "ada juga beberapa bidang-bidang komunikasi dan persandian, tetapi ketiga program kerja ini meruoakan gambaran secara umum program kerja Diskomsandi tahun 2018.

Kedepan, kata Thamrin, Diskomsandi juga mempunyai program kerja jangka panjang, pada kegiatan Smart Island, dimana program ini, akan memberikan kemudahan akses internet untuk warga di Hiri, Moti dan Batang Dua. "Sepanjang tahun ini, program tetap berjalan maksimal dan baik," pungkas Kadis Komsandi, Thamrin Marsaoly.(thy)


Reporter: Ibenk