28 Februari 2018

Diskomsandi Ternate Gelar Bimtek Aplikasi SI APIK Dan SP4N

Kadiskomsandi kota Ternate, Thamrin Marsaoly, menyerahkan secara simbolis perangkat mobile yang telah dilengkapi dengan aplikasi SI APIK dan LAPOR

TERNATE, OT - Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskomsandi) kota Ternate, Selasa (27/2/2018), menyelenggarakan pelatihan pengoperasian aplikasi Sistem Informasi Pengaduan Pelayanan Publik (SI APIK) dan aplikasi SP4N Lapor, kepada 5 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menangani pelayanan publik secara langsung bersentuhan dengan masyarakat.

Pelatihan yang dipusatkan di Ruang Ternate Smart Island Command Center Jalan Yos Sudarso eks Kantor Walikota itu, diikuti oleh OPD diantarnya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, Perusahaan Air Minum Daerah Ternate, dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Kepala Diskomsandi kota Ternate, Thamrin Marsaoly kepada indotimur.com mengatakan, kegiatan ini, merupakan implementasi dari Surat Keputusan Walikota No.10/1.7/KT/2017 tentang Tim Pengelola Pengaduan Masyarakat Kota Ternate yang merupakan turunan dari Undang-undang No.37 Tahun 2008 Tentang Ombudsman, UU Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, Perpres No.76/2013 Tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik dan PERMENPANRB NO.3/2015 Tentang Roadmap Pengembangan Sistem Pengelolaan Pelayanan Publik.

Menurutnya, untuk tahap awal, ada 5 OPD yang diikutkan dalam pelatihan. "Tahap pertama ini, untuk 5 OPD yang dilibatkan, karena OPD ini yang langsung bersentuhan dengan pelayanan masyarakat," kata Thamrin seraya memastikan program ini akan terkoneksi dengan seluruh OPD di kota Ternate.

Dia berharap, OPD yang telah dilatih dapat cepat merespon setiap aduan masyarakat kota Ternate sebagai wujud tanggungjawab Pemerintah Daerah dalam pelayanan kepada masyarakat.

"Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi dari program Pemerintah Kota Ternate dalam mewujudkan Kota Ternate sebagai salah satu kota Smart City, dimana mengaplikasikan pelayanan dengan memanfaatkan teknologi informasi sebagai jembatan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat," kata Thamrin.

Pada kesempatan tersebut, Kadiskomsandi kota Ternate, Thamrin Marsaoly, juga menyerahkan secara simbolis perangkat mobile yang telah dilengkapi dengan aplikasi SI APIK dan LAPOR sebagai alat bantu dalam menyelesaikan pengaduan yang disampaikan oleh masyarakat.(thy)


Reporter: Ibenk