15 April 2019

30 ASN Diskomsandi Kota Ternate, Bebas Narkoba

Kepala Diskomsandi Kota Ternate, Thamrin Marsaoly menyerahkan hasil urine kepada petugas BNNP Malut

TERNATE, OT - Sedikitnya 30 Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Tidak Tetqp (PTT) di lingkup Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskomsansi) Kota Ternate, Senin (15/4/2019) menjalani tes urine guna memastikan seluruh jajaran di Diskomsandi bebas narkoba.

Pelaksanaan tes urine ini, dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku Utara (Malut) di kantor Diskomsandi Ternate.

Kepala Diskomsandi Kota Ternate, Thamrin Marsaoly usai menjalani tes urine menyatakan, pelaksanaam tes urine dilakukan sebagai bentuk komitmen melaksanakan instruksi Wali Kota Ternate untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan bersih dan berwibawa serta bebas Narkoba.

"Sesuai instruksi Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman agar setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melaksanakan tes urine sebagai bentuk pencegahan ada ASN terlibat penyalahgunaan Narkoba," tegas Thamrin di ruang kerjanya.

Kata dia, pemeriksaan tes urine bagi ASN dan PTT di lingkup Diskomsandi Kota Ternate, merupakan implementasi dari Instruksi Presiden nomor 6 tahun 2018 dan Surat Edaran Mempan RB nomor 50 tahun 2017 juga Permendagri nomor 12 tahun 2019 serta instruksi Wali Kota Ternate.

“Kegiatan ini tujuan kita hanya secara langsung menciptakan lingkungan yang besok dari narkoba,” tukas Thamrin.

Dia tidak menginginkan ada ASN /PTT di lingkungannya yang terlibat penyalahgunaan Narkoba, sebab ASN dan PTT yang terlibat penyalahgunaan Narkoba dinilai dapat mengganggu kinerja organisasi karenanya jika ada ASN/PTT Diskomsandi positif menggunakan akan ditindak tegas.

"Kita akan serahkan ke BKD untuk menindak sesuai ketentuan berlaku, memberi sanksi sesuai berat tidaknya kesalahannya saya tidak main-main, kalau ada yang indikasi bila perlu diusulkan pemecatan," tegasnya.

Dia menjelaskan, pelaksanaan tes urine ini merupakan tanggungjawab bersama dalam upaya menanggulangi persoalan narkoba di Kota Ternate khususnya di kalangan ASN dan PTT di lingkup Diskomsandi, "saya kira, ini menjadi tanggungjawab bersama, kita melaksanakan tes urine secara mandiri, kita adakan alat tes secara mandiri dan mengundang BNN untuk melakukan pemeriksaan," tukasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Narkoba, Haerudin Umaternate memberi apresiasi terhadap keseriusan Diskomsandi dalam memerangi narkoba dengan melakukan tes urine bagi ASN maupun PTT di lingkup Diskomsandi Ternate.

Kata dia, keseriusan Diakomsansi untuk menciptakan lingkungan kerja yang bebas narkoba, patut diapresiasi dan dicontohi oleh SKPD lainnya di lingkungan Pemkot Ternate. "Terima kasih kepada Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kota Ternate yang melakukan gerakan cepat atas instruksi Wali Kota. Ini harus menjadi contoh bagi Dinas-Dinas yang lain, apalagi ini tes mandiri, artinya peralatan untuk tes urine, disiapkan atau diadakan oleh Dinas sendiri," ungkap Haerudin.

Dia juga mengemukakan, persoalan positif dan negatif merupakan hal terakhir, namun yang terpenting adalah negara hadir di semua tempat sehingga memberi ruang kepada masyarakat untuk tidak lagi menggunakan narkoba

“Kegiatan ini tujuan kita hanya secara langsung menciptakan lingkungan yang bersih dari narkoba,” tutupnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, seluruh karyawan/karyawati Diskomsandi, negatif atau tidak ditemukan pengguna narkoba.(thy)


Reporter: Ibenk