14 September 2018

Sambut Harhubnas Ke-73, Dishub 9 Kabupaten/Kota Gelar Upacara Di Ternate

Kadis Dishub Kota Ternate Thamrin Alwi

TERNATE,  OT  - Seluruh jajaran Dinas Perhubungan (Dishub) pada 10 Kabupaten dan Kota di wilayah Maluku Utara, minus Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), berencana merayakan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) pada 17 Septembet mendatang di lapangan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Bastiong Ternate.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Ternate, Thamrin Alwi, saat ditemui indotimur.com di ruang kerjanya, Jumat (14/9/2018), mengatakan, pelaksanaan upacara Harhubnas ke-73 akan menghadirkan sejumlah pegawai Dishub dari 10 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Maluku Utara, "namun untuk Haltim akan dilakukan upacara sendiri dan yang lain akan gabung di Ternate," kata Thamrin.

Sejumlah persiapan untuk upacara sudah mulai dilakukan dari pembersihan lapangan hingga persiapan perangkat upacara. Selain upacara, sejumlah agenda juga akan dilaksanakan pada perayaan Harhubnas diantaranya, donor darah yang dikoordinir oleh Balai Transportasi Darat serta kegiatan bersih pantai yang akan dikoordinir oleh KSOP.

Di samping itu, lanjut Thamrin, ada kegiatan lain pada saat acara puncak di PPN Bastiong, yakni simulasi dan atraksi keselamatan dari proses penanganan, pertolongan di kapal hingga evakuasi ke darat dan ke rumah sakit (RS).

Dia berharap, seluruh elemen pengguna jasa angkutan baik pemilik maupun nahkoda dan seluruh petugas yang ada di pelabuhan dapat meminimalisir tingkat kecelakaan laut. "Semoga dengan momen ini dapat mengurangi kecelakaan yang terjadi di laut, kepada petugas yang ada di lapangan agar bisa konsisten pada SOP yang sudah ditetapkan," pungkasnya.(red)


Reporter: Randy Basri