11 Oktober 2018

Peduli Lingkungan, TNI-AL Gandeng POSSI Buat Bibit Dan Kerangka Trasplantasi Karang

Komandan Lanal Ternate Dan Pengurus POSSI

TERNATE, OT - Sebagai bentuk kepedulian terhadap keberlangsungan terumbu karang dan menjaga habitat laut,  TNI Angkatan Laut (Lanal) Ternate bekerjasama Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Cabang Ternate, Kamis (11/10/2018) melaksanakan trasplantasi karang di kawasan laut depan taman Nukila.

Komandan Lanal (Danlanal) Kota Ternate Kolenel Laut (P) Whisnu Kusardianto saat ditemui indotimur.com di taman Nukila. Kamis (11/10/2018) mengatakan, ini merupakan salah satu wujud kepedulian di TNI Angkatan Laut (AL) untuk turut menyumbangkan sebanyak 350 bibit dan 9 kerangka transplantasi karang sebagai bentuk melestarikan lingkungan hidup yang ada di laut terutama terumbu karang. 

Whisnu menuturkan, banyak terumbu karang di perairan Ternate yang rusak karena berbagai alasan. Kerusakan ini, tentu akan menyebabkan biota menjauh, sehingga berdampak terhadap perekonomian masyarakat.

"Karena ikan dan terumbu karang sangat berkaitan, berkumpulnya ikan-ikan yang kecil hingga menarik perhatian untuk ikan yang lebih besar," kata Whisnu.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka dibuat kerangka dan modul bibit yang nantinya menjadi tempat donor karang tersendiri yang akan dilepas ke laut depan taman Nukila.

"Ini merupakan kerja sama antar instansi baik TNI AL,  Polair, Basarnas, Bea Cukai, Mapala, Komunitas Diving, bentuk kerja sama harmonis dan sinerjis antara semua stekholder yang peduli dalam pelestarian lingkungan bawa laut," katanya.

Whisnu juga menyatakan, kegiatan Lanal.Ternate bersama POSSI Cabang Ternate juga untuk menyemarakan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-73 yang didukung sepenuhnya oleh Wali Kota Ternate. (red)


Reporter: Randy Basri