Home / Ekonomi / Bisnis
11 Januari 2019

Harga Ikan Di Ternate Relatif Murah

TERNATE, OT - Berbeda dengan harga barito, harga ikan cakalang pada sejumlah pasar ikan di Kota Ternate Provinsi Maluku Utara, mengalami penurunan harga.

Informasi yang dihimpun indotimur.com, Jumat (11/12/2019) pada sejumlah pasar di Ternate menyebutkan, harga ikan cakalang lebih murah dibandingkan dengan harga ikan yang lain.

Turunya harga ikan jenis cakalang, lebih disebabkan karena stok atau persediaan ikan cakalang di pasar melimpah.

Di pasar higienis Bahari Berkesan, misalnya, harga ikan cakalang dijual dengan harga Rp, 12 hingga Rp, 19 ribu per kilo, "disini harga ikan cakalang tergantung ukuran, kami jual perkilo. Jadi kalau ikan cakalang harganya ada yang 12 ribu/kg, yang lalu 14 ribu/kg kalau 1 kilo itu ada18 hingga 19 ribu/kg harga kemarin 20 ribu/kg," tutur Naim salah seorang pedagang di pasar ikan Bahari Berkesan.

Sedangkan untuk ikan tuna ekspor ukuran besar, Naim menyatakan, per kilo dijual dengan harga Rp, 45 ribu, sementara yang lokal paling tnggi Rp 25 ribu per kilo, "untuk ikan tude yang sangar mahal karena ikan tude tidak di jual perkilo. Tapi menggunakan baskom besar sehingga harga 1 baskom bisa Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu , walaupun harga ikan menurun, namun untuk jenis tude harganya tetap" ujar Naim 

Hal senada juga disampaikan Nursanti salah seorang pedagang ikan di pasar Dufa-Dufa. Dia mengatakan, harga ikan cakalang sewaktu-waktu bisa naik, jika nelayan hasil tangkapan nelayan minim atau berkurang.

"Kalau nelayan mendapat hanya sedikit maka ikanya mahal tapi kalau nelayan dapat banyak pasti akan ada penurunan harga seperti sekarang ini," ucap Nursanti.

Dia mengaku, saat ini, harga ikan cakalang termasuk murah, dibanding bulan Desember lalu, "kalau Desember lalu itu mahal dan haraganya bervariasi tergantung ukuran ikan. Cakalang yang besar itu satu ekor Rp.100 ribu, sekarang Rp.40 ribu ,yang sedang Rp.50 ribu,sekarang Rp.35 ribu," jelasnya.

Meskipun harga ikan cakalang menurun namun ada beberapa ikan yang lain harganya relatif mahal, seperti ikan tude dan ikan dolosi.

Di pasar Perikanan Bastiong, para pedagang mengaku, turunnya harga ikan cakalang, mempengaruhi pembeli ikan jenis lain.

Irman salah satu pedagang ikan di Perikanan Bastiong mengaku, saat ini, harga ikan dolosi agak sedikit mahal karena ikan ini susah didapatkan, "kalau harga ikan dolosi yang sedang empat ekor 20 ribu, yang besar tiga ekor 35 ribu sehingga minat pembeli juga sepi. Karena harga ikan cakalang saat ini turun," tukas Irman. (mg_02) (mg)


Reporter: magang